Penelitian Tumbuhan di Indrokilo Boyolali



    Siswa kelas 5 belajar langsung berbagai bentuk tumbuhan di kebun raya Indrokilo di Boyolali. Kegiatan ini sesuai dengan materi pelajaran mereka yakni tentang ciri makhluk hidup dan juga pengukuran. Siswa jarang sekali melihat langsung tumbuh-tumbuhan. Biasanya mereka hanya melihat di gambar maupun videonya. Dengan adanya kegiatan ini siswa-siswi dapat melihat langsung tumbuh-tumbuhan mulai dari tumbuhan paku, berbagai jenis bambu, dan juga segala macam tumbuhan obat-obatan. Pada setiap pohon di kebun indrokilo, terdapat nama pohon dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa latin, sehingga anak-anak juga belajar nama-nama latin dari berbagai jenis pohon.

    Selain mencermati berbagai bentuk pohon, anak-anak juga belajar menaksir tinggi dari pohon tersebut. Mereka mengaplikasikan teori menaksir sesuai materi yang telah di dapatkan di kegiatan pramuka dan pelajaran matematika. 

    Selain belajar tentang tumbuhan, di kebun raya Indrokilo anak-anak juga belajar sejarah dan budaya. Di Kebun Raya Indrokilo juga terdapat Patung Sosro Birowo setinggi 17 meter, salah satu tokoh pengawal raja pada jaman dahulu. Selain itu juga terdapat bahtera nabi nuh, replica dari kapal nabi Nuh. Semoga dengan kegiatan ini anak-anak lebih memahami tentan meteri makhluk hidup dan mendapat pengalaman tentang sejarah dan budaya.






Posting Komentar

0 Komentar